Wednesday, March 30, 2016

APA SIH PERBEDAAN ANTARA JURUSAN EKONOMI TERAPAN DAN PENDIDIKAN EKONOMI?

BlogMFE-APA SIH PERBEDAAN ANTARA JURUSAN EKONOMI TERAPAN DAN PENDIDIKAN EKONOMI?-Menentukan jurusan kuliah merupakan hal paling ribet bagi anak-anak Kelas XII pada umumnya. Kita harus benar-benar mempertimbangkan secara matang sebelum memilihnya. Betul tidak?

Tidak hanya ribet dalam memilih saja, kadang juga kita masih bingung apa bedanya jurusan terapan dan jurusan pendidikan, khususnya seperti jurusan Ekonomi Terapan dan Pendidikan Ekonomi, lalu apa bedanya?

Kali ini Mahasiswa Fakultas Ekonomi (MFE) akan membahas apa sih perbedaan antara jurusan Ekonomi Terapan dan Pendidikan Ekonomi. Karena hal ini sudah banyak ditanyakan pada berbagai forum diskusi dan grup-grup di sosial media.


Jurusan-Jurusan Ekonomi Terapan



Jurusan-Jurusan Ekonomi Terapan merupakan jurusan mempelajari aspek-aspek penerapan ekonomi di dunia kerja nantinya, seperti sistem manajerial, analisis permintaan-penawaran produk, inflasi, nilai tukar valas, sistem akuntansi perusahaan, dan lain sebagainya.

Jurusan-jurusan ekonomi terapan ini sebenarnya ialah jurusan tergabung dalam Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB). Untuk gelarnya sendiri ialah Sarjana Ekonomi (S.E). Jurusan-jurusan ekonomi terapan ini terbagi menjadi 3 jurusan, yakni (klik tulisan merah untuk info jurusannya):


Pada gelaran SNMPTN dan SBMPTN, jurusan-jurusan ekonomi terapan ini memiliki persaingan yang ekstra ketat. Pada beberapa PTN justru melewati 3.000 peminat sedangkan daya tampungnya hanya kurang dari 100 kursi. Hal ini tentu disebabkan kebutuhan lulusan jurusan ekonomi terapan sangat banyak dibutuhkan di dunia kerja dimanapun.


Jurusan-Jurusan Pendidikan Ekonomi



Berbeda dengan jurusan-jurusan ekonomi terapan yang lebih fokus pada aplikasi ekonomi di dunia kerja, pada jurusan-jurusan pendidikan ekonomi lebih fokus pada sistem pengajaran ekonomi di sekolah.

Jurusan-jurusan pendidikan ekonomi disini bukan hanya sebatas pada jurusan yang mempelajari pengajaran mata pelajaran ekonomi saja, namun juga jurusan pendidikan lain dalam bidang ekonomi seperti:

1. Pendidikan Manajemen Bisnis (SMK Ekonomi)
2. Pendidikan Manajemen Perkantoran (SMK Ekonomi)
3. Pendidikan Tata Niaga (SMK Ekonomi)
4. Pendidikan Akuntansi (SMK Ekonomi)

Jadi pada intinya, lulusan jurusan-jurusan pendidikan ekonomi banyak berkecimpung sebagai tenaga pengajar (guru) bidang ekonomi di berbagai sekolah, baik SMP maupun SMA/SMK.

Pada jurusan-jurusan pendidikan ekonomi sebenarnya masih mempelajari ilmu-ilmu terapan ekonomi sebagai bekal dalam pembelajaran. Namun dalam silabus jurusannya terdapat banyak mata kuliah yang memfokuskan pada pendidikan dan sistem pengajaran antara lain:

1. Landasan Pendidikan
2. Kurikulum dan Pembelajaran
3. Perkembangan Peserta Didik
4. Metode Belajar dan Pembelajaran
5. Evaluasi Pembelajaran 
6. Perencanaan Pembelajaran
7. Pengelolaan Pendidikan
8. Media Pembelajaran
9. Psikologi Pendidikan; dan lain sebagainya

Jurusan-jurusan pendidikan ini pada umunya tergabung dalam Fakultas Pendidikan Pendidikan Ilmu Sosial (F-PIPS). Adapun untuk gelar akademiknya ialah Sarjana Pendidikan (S.Pd).


Apakah Lulusan Ekonomi Terapan Bisa Mengajar Sebagai Guru atau Dosen?




Pertanyaan ini banyak ditanyakan pada beberapa forum diskusi. Pada umumnya lulusan Ekonomi Terapan dapat saja mengajar di sekolah sebagai guru asalkan memenuhi persyaratan yang ditetapkan. Pada saat ini banyak lulusan ekonomi terapan yang lebih memilih menjadi guru di berbagai sekolah.

Pada beberapa SMK justru guru mata pelajaran banyak didominasi oleh lulusan ekonomi terapan dibandingkan lulusan sarjana pendidikan ekonomi. Namun bukan berarti peluang karier lulusan pendidikan ekonomi diambil alih lulusan ekonomi terapan ya?

Peluang karier lulusan pendidikan ekonomi akan selalu terbuka luas di berbagai sekolah baik negeri maupun swasta. Bahkan lulusan pendidikan ekonomi ini lebih banyak diutamakan sebelum adanya lulusan ekonomi terapan.

Bagimana dengan dosen? lulusan ekonomi terapan dapat menjadi dosen dan mengajar mahasiswa di perguruan tinggi asalkan sudah menempuh program pasca-sarjana dibidang yang linier (sama) denga jurusannya.

Misalkan Adi lulusan S1 Manajemen Bisnis, ia bercita-cita ingin menjadi dosen, maka ia harus menempuh minimal S2 Manajemen atau Magister Manajemen (MM) untuk dapat mengajar program D3 atau S1 Manajemen. Apabila Adi ingin mengajar S2 Manajemen, maka ia harus menempuh minimal S3 Manajemen atau Program Doktoral.


Keywords:
  1. Perbedaan Jurusan Ilmu Ekonomi dan Pendidikan Ekonomi
  2. Jurusan Pendidikan Ekonomi Universitas Pendidikan Indonesia
  3. Jurusan Pendidikan Ekonomi Universitas Negeri Jakarta
  4. Jurusan Pendidikan Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta
  5. Jurusan Pendidikan Akuntansi
  6. Jurusan Pendidikan Manajemen Bisnis
  7. Jurusan Pendidikan Tata Niaga
  8. Apa Sih Bedanya Jurussan di Fakultas Ekonomi
  9. Bagaimana Caranya Sarjana Ekonomi jadi Guru?
  10. Sarjana Ekonomi Jadi Guru
  11. Peluang Karier Pendidikan Ekonomi UNJ, UNY, UPI
  12. Mata Kuliah Jurusan Pendidikan Ekonomi Bisnis
  13. Silabus Pendidikan Ekonomi
  14. Enakan Kuliah Ekonomi Murni apa Pendidikan Ekonomi?
  15. Bagaimana Cara Jadi Guru Ekonomi SMA?
  16. Bagaimana Cara Jadi Guru SMK?


Related Posts

Posted by: Admin MFE Mahasiswa Fakultas Ekonomi, Updated at: 8:47 PM
APA SIH PERBEDAAN ANTARA JURUSAN EKONOMI TERAPAN DAN PENDIDIKAN EKONOMI?
4/ 5
Oleh

Berlanggangan via email

Mau dapet Updatean artikel MFE? Ayoo masukkan emailmu disini.