Monday, March 28, 2016

JANGAN KULIAH!! SEBELUM TAU 5 (LIMA) HAL INI

BlogMFE-ISTILAH-ISTILAH YANG WAJIB KAMU KETAHUI SEBELUM KULIAH-Hayoo!! Siapa yang tahun ini berniat mau kuliah? Apa sih yang kalian pikirkan tentang dunia perkuliahan? Mungkin ada yang berpikir dunia kuliah itu sangat asyik, bisa jalan-jalan ke gunung, bisa nampang dengan gaya trendy saat kuliah, banyak romantika cinta saat di kampus, dan apalah seperti yang ada di FTV.

Kehidupan kuliah tak seindah yang ada di FTV loh sob! Jika nanti kamu sudah masuk dunia perkuliahan kamu akan banyak menemui "kegalauan akut" yang bikin kamu merinding sendiri. Ya kamu harus ngerjain tugas setumpuk dari dosen, kamu harus presentasi yang bejibun, belum lagi kena marah dosen killer, ngejar IPK harus diatas 3,00 dan lain sebagainya.   

Oya dunia perkuliahan itu ternyata berbeda dengan dunia sekolah dulu loh. Di dunia perkuliahan banyak istilah-istilah yang harus dimengerti oleh mahasiswa. Jangan ngaku mahasiswa sebelum tahu istilah-istilah ini:

Sistem Perkuliahan dan Penilaian Mahasiswa




Sistem pembelajaran dan penilaian pada perguruan tinggi memang sangat berbeda dengan sistem yang ada di sekolah dahulu. Untuk perguruan tinggi sistem yang diterapkan pun lebih kompleks. Apa saja ya kira-kira, yuk kita lihat:

a. Apa itu Semester?

Semester adalah periode kuliah selama 6 bulan. Biasanya dalam 1 semester terbagi antara 4-5 bulan kuliah kelas atau kuliah lainnya dan 1 bulan libur semester. Akan tetapi proporsi panjangnya semester bergantung pada kebijakan kampus tersebut.

b. Apa itu KRS?

KRS (Kartu Rencana Studi) adalah kartu yang dikeluarkan sebagai prasyarat untuk mengikuti mata kuliah. KRS ini sebenarnya berbentuk lembaran atau e-file. KRS ini bisa dibilang "SIM-nya" kita dalam mengikuti mata kuliah dalam satu semester.

c. Apa itu KHS?

KHS (Kartu Hasil Studi) adalah kartu yang dikeluarkan sebagai hasil penilaian kuliah kita selama satu semester. KHS ini bisa dibilang sebagai raport kita selama satu semester.


d.
Apa itu sks?

sks (sks kecil / Satuan Kredit Semester) adalah bobot mata kuliah yang diajarkan. Bobot 1 sks ini bernilai 50 menit perkuliahan, biasanya dapat dilakukan dalam 1 hari maupun bisa dibagi menjadi beberapa hari.

e. Apa itu SKS?

SKS (sks besar / Sistem Kredit Semester) adalah sistem pendidikan dimana beban studi mahasiswa, beban kerja tenaga pengajar, dan beban penyelenggaraan program dinyatakan dalam kredit.


f. Apa itu IPK?

IPK (Indeks Prestasi Kumulatif) adalah indeks penilaian atau bisa dibilang sebagai hasil nilai mata kuliah kita selama dalam perkuliahan. IPK ini akan tertulis pada transkrip nilai kita pada saat lulus nanti. Range penilaian IPK berkisar 1-4.

g. Apa itu IPS?

IPS (Indeks Prestasi Semester) adalah indeks penilaian atau bisa dibilang sebagai hasil nilai mata kuliah kita dalam satu semester. IPS ini terkadang disebut sebagai IPK semester. IPS ini tertulis pada KHS yang dikeluarkan pada akhir semester.

h. Apa itu Huruf Mutu?

Huruf Mutu adalah bobot penilaian mahasiswa dalam suatu mata kuliah yang dinyatakan dalam bentuk huruf. Setiap perguruan tinggi mempounyai penilaian tersendiri dalam angka mutu, ada yang memakai hanya A, B, C, D saja, ada pula yang memakai (+) didalam penilaiannya, misalkan B+ dsb

i. Apa itu Angka Mutu?

Angka Mutu adalah bobot penilaian mahasiswa dalam suatu mata kuliah yang dinyatakan dalam bentuk angka. Penilaian angka mutu ini sangat berkaitan dengan huruf mutu. Jika huruf mutu bernilai A maka angka mutunya ialah bernilai 4, begitu juga seterusnya.



Tipe-Tipe Perguruan Tinggi

 
Sumber:
Wikipedia Commons

Bagi kamu yang mau mendaftar ke perguruan tinggi, tapi bingung bedanya apa itu Universitas, Institut, Skolah Tinggi, atau apalah. Berikut ini penjelasannya: 

a. Apa itu Universitas? 

Universitas adalah perguruan tinggi yang mempunyai beberapa fakultas dengan berbagai macam bidang keilmuan.

 Jadi didalam Universitas ada banyak keilmuan yang berbeda-beda yang dihimpun dalam fakultas tersendiri. Di Universitas juga memiliki beberapa jenjang pendidikan seperti Diploma, S1, S2, dan S3, bahkan ada juga yang menyelenggarakan Program Spesialis.

Contoh seperti  di Universitas Indonesia diantaranya ada: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB), Fakultas Ilmu Budaya (FS), Fakultas Kedokteran (FK), Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP), dan lain sebagainya.

b. Apa itu Institut?

Institut adalah perguruan tinggi yang mempunyai beberapa fakultas namun hanya terfokus pada satu rumpun keilmuan saja.  

Berbeda dengan Universitas yang mempunyai beberapa bidang keilmuan yang berbeda-beda, kalo institut hanya fokus pada satu rumpun keilmuan saja. Jenjang pendidikan di Institut pun pada dasarnya sama dengan Universitas, hanya saja di Institut tidak ada program spesialis.

Contoh seperti di Institut Sepuluh November (ITS) terdiri dari beberapa fakultas, seperti: Fakultas Teknologi Industri (FTI), Fakultas Teknik Sipil dan Perencaanaan (FTSP) dan lain sebagainya. Fakultas yang ada di ITS ini memfokuskan pada rumpun teknik.

Walaupun terkadang ada beberapa Institut yang mempunyai keilmuan lain, akan tetapi corak rumpun keilmuan dasarnya masih tertanam di setiap mata kuliah yang diajarkannya.
 

c. Apa itu Sekolah Tinggi?

Sekolah Tinggi adalah perguruan tinggi yang mempunyai beberapa jurusan yang hanya terfokus pada satu bidang keilmuan. 

Berbeda dengan institut, sekolah tinggi tidak memiliki fakultas akan tetapi hanya terdiri dari beberapa jurusan yang masih satu bidang keilmuan.

Contoh seperti pada STIE (Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi) yang mempunyai beberapa jurusan pada umumnya seperti Ilmu Manajemen dan Ilmu Akuntansi.

d. Apa itu Akademi?

Akademi adalah perguruan tinggi yang menyelenggarakan pendidikan diploma hanya satu cabang keilmuan saja. 

Contoh seperti Akademi Kebidanan (Akbid) yang hanya menyelenggarakan pendidikan D3 Kebidanan.

e. Apa itu Politeknik?

Politeknik adalah perguruan tinggi yang menyelenggarakan pendidikan diploma yang mempunyai berbagai cabang keilmuan.

Contoh seperti Politeknik Negeri Bandung yang memiliki jurusan D3Administrasi Bisnis, D4 Teknik Pendingin dan Tata Udara, D3 Teknik Telekomunikasi, D3 Bahasa Inggris, dan lain sebagainya.



Pembagian Divisi Perguruan Tinggi

Sumber:
Universitas Jendral Soedriman

Dalam suatu perguruan tinggi mempunyai beberapa divisi akademik, seperti Fakultas, Jurusan / Departemen, Program Studi. Berikut ini penjelasannya:

a. Apa itu Fakultas?

Fakultas merupakan divisi perguruan tinggi yang membidangi keilmuan yang serumpun dan membawahi beberapa jurusan. Fakultas ini hanya ada di Universitas dan Institut. Contohnya misalkan Fakultas Ekonomi Bisnis yang membidangi keilmuan ekonomi dan ilmu bisnis. FEB ini membawahi beberapa jurusan seperti Ilmu Manajemen, Ilmu Akuntansi, dan Ilmu Ekonomi. Orang yang memimpin Fakultas disebut sebagai Dekan.

b. Apa itu Jurusan?

Jurusan merupakan divisi perguruan tinggi dibawah fakultas yang membidangi keilmuan secara mandiri. Jurusan ini banyak tersebar di Universitas, Institut maupun Sekolah Tinggi. 

Istilah Jurusan sering juga disebut sebagai Departemen pada beberapa perguruan tinggi. Contoh di FEM-IPB terdiri dari beberapa Departemen seperti Departemen Ilmu Ekonomi, Departemen Manajemen, Departemen Agribisnis, dan Departemen Ekonomi Studi Lingkungan.

c. Apa itu Program Studi?

Program Studi merupakan divisi perguruan tinggi dibawah jurusan atau setingkat yang menjabarkan konsentrasi jurusan. Pada beberapa perguruan tinggi program studi dibedakan menjadi dibawah jurusan, namun pada umumnya banyak mengelompokkan menjadi setingkat dengan jurusan. Pada akademi dan politeknik hanya ada program studi saja. 

Contoh pada Jurusan Ilmu Manajemen terkadang di juruskan kembali menjadi beberapa program studi seperti prodi manajemen keuangan, prodi manajemen pemasaran, prodi manajemen sumberdaya manusia, prodi manajemen strategik dan inovasi perubahan, dan prodi manajemen produksi dan operasional.



Pimpinan dan Struktur Akademik Perguruan Tinggi

 
Sumber:
fkip.unila.ac.id

Pimpinan Perguruan Tinggi biasanya diisi oleh para dosen senior dan telah banyak berkontribusi bagi perkembangan perguruan tinggi. Adapun pimpinan perguruan tinggi ini mengepalai perguruan tinggi itu sendiri maupun berbagai divisi yang ada, berikut ini diantaranya:

a. Rektor

Rektor merupakan pimpinan dari Universitas atau Institut. 

b. Ketua Sekolah Tinggi

Ketua Sekolah Tinggi merupakan pimpinan dari Sekolah Tinggi.
 

c. Direktur

Direktur merupakan pimpinan dari Akademi, Politeknik, maupun Program Diploma yang berada di PTN. Pada Universitas dan Institut terdapat Direktur Pascasarjana, jabatannya ialah setingkat Dekan lainnya.

d. Dekan

Dekan merupakan pimpinan dari Fakultas atau Dekanat.

e. Kajur dan Ka. Prodi

Kajur merupakan pimpinan dari jurusan, sedangkan Ka. Prodi merupakan pimpinan dari Program Studi.

f. Puket atau Waka

Puket atau Waka merupakan wakil dari Rektor (Universitas dan Institut) atau Waka (Sekolah Tinggi) yang memiliki tanggung jawab dibidang tertentu. 
  1. Puket I atau Waka I memiliki tanggung jawab dalam bidang Akademik
  2. Puket II atau Waka II memiliki tanggung jawab dalam bidang Keuangan dan Administrasi
  3. Puket III atau Waka III memiliki tanggung jawab dalam bidang Kemahasiswaan
  4. Puket IV atau Waka IV memiliki tanggung jawab dalam bidang Hubungan Antar Lembaga

Organisasi Kemahasiswaan

 
Sumber:
andiauliar.wordpress.com

Berikut ini merupakan beberapa organisasi mahasiswa yang biasanya ada di perguruan tinggi, yakni:

a. BEM (Badan Eksekutif Mahasiswa)

BEM merupakan organisasi mahasiswa yang memiliki tugas eksekutif kemahasiswaan. BEM ini memiliki dua tingkatan yakni setingkat Perguruan Tinggi (BEM Kampus / Presidensial Mahasiswa Kampus) dan setingkat Fakultas (BEM Fakultas). Contoh BEM Universitas Indonesia yang sering eksis di berbagai kegiatan mahasiswa dalam skoop nasional.

b. HIMA (Himpunan Mahasiswa)

HIMA merupakan organisasi eksekutif mahasiswa yang berada di tingkat jurusan. HIMA ini masih berada dibawah koordinasi BEM Kampus. Contoh HIMA ialah HMTF-UNAS (Himpunan Mahasiswa Teknik Fisika Universitas Nasional)

c. UKM (Unit Kegiatan Mahasiswa)

UKM merupakan organisasi mahasiswa yang mewadahi dan mengkoordinasikan kegiatan non-akademik mahasiswa, seperti minat dan bakat mahasiswa. Contoh UKM Century Institut Pertanian Bogor.


Keywords:
  1. Istilah dalam Kampus
  2. Istilah Perguruan Tinggi
  3. Bagaimana sih Kehidupan Perguruan Tinggi?
  4. Suka Duka Kuliah
  5. Apa pengertian IPK?
  6. Pengertian Universitas
  7. Pengertian Sekolah Tinggi
  8. Pengertian Akademi
  9. Pengertian Institut
  10. Pengertian Politeknik
  11. Pebedaaan Antara Universitas dan Institut
  12. Kuliah Mau Pilih Apa
  13. Enakan Kuliah Universitas atau Institut
  14. Kuliah yang Cepet Kerja
  15. Apa Itu BEM Mahasiswa
  16. Perbedaan BEM dan HIMA
  17. Tips Cari Kuliah
  18. Cara Menghitung IPK
  19. 1 Semester berapa SKS?
  20. Cerita Kuliah di Politeknik
  21. Kuliah di UI, UGM, UNPAD            

Related Posts

Posted by: Admin MFE Mahasiswa Fakultas Ekonomi, Updated at: 9:08 PM
JANGAN KULIAH!! SEBELUM TAU 5 (LIMA) HAL INI
4/ 5
Oleh

Berlanggangan via email

Mau dapet Updatean artikel MFE? Ayoo masukkan emailmu disini.