Tuesday, March 29, 2016

7 TIPS MENTAL MENGHADAPI UJIAN NASIONAL

BlogMFE-7 TIPS MENTAL MENGHADAPI UJIAN NASIONAL-Ujian Nasional sudah tinggal menghitung hari nih, sob. Apa yang sudah kalian persiapkan untuk menghadapinya? 

Mungkin di sekolah kalian sering mengadakan pemantapan UN, sering belajar cara mudah mengerjakan soal UN di internet, sering latihan soal dari buku Persiapan UN, atau juga ikut Bimbingan Belajar Intensif UN. Semua itu memang harus dipersiapkan dengan matang, tapi bagaimana dengan persiapan mental sobat dalam menghadapi UN? 

Kali ini Mahasiswa Fakultas Ekonomi (MFE) akan membagikan tips mental kepada soabt semua untuk menghadapi Ujian Nasional. Tips ini sudah banyak dibuktikan oleh Admin sendiri maupun orang-orang yang pernah mengahadapi UN sebelumnya. Adapun Tipsnya ialah sebagai berikut:

Minta Restu dari Orang Tua

Minta restu pada orang tua ini bukan hanya sebatas pada minta doa-nya saja agar dilancarkan, namun berbuatlah apa yang dapat orang tua kalian Ridho. Misal kalian bisa meringankan pekerjaan ibu kalian saat di rumah, seperti menyapu, mencuci piring, atau lain-lain. Ini ga hanya berlaku untuk cewek saja loh bro, tapi kamu yang cowok juga bisa melakukannya.


Ubah Paradigmamu tentang UN


Sumber:
www.eonline.com
Kebanyakan dari kita berpikir bahwa UN merupakan sesuatu yang "horor". Kita selalu dibayangi oleh rasa TAKUT TIDAK LULUS. Nah coba ubah pikiranmu ini mulai dari sekarang. 

Semakin kalian berpikir "horor" tentang Ujian Nasional, maka kalian akan semakin tertekan, sehingga kalian menjadi kaku dang kurang Percaya Diri menghadapi UN. 

Nyatanya, UN bukanlah satu-satunya penentu kelulusan, akan tetapi masih ada ujian lain yang menentukan seperti Ujian Sekolah dan Ujian Praktek. Keduanya punya bobot yang besar dalam menentukan kelulusanmu sob. Nah sekarang bagaimana sih cara mengubah pikiran kita ini, ikuti cara ini:
  1. PD saja, jangan terpengaruh oleh persepsi orang diluar yang menyatakan bahwa UN adalah "Ujian Penjagalan". Hadapi dengan biasa saja tapi serius dalam mempersiapkannya.
  2. Sugestikan  bahwa UN seperti UAS saja dan rasakan feel-nya. Dengan begitu beban pikiranmu akan sedikit berkurang.
  3. Hilangkan bayangan TAKUT TIDAK LULUS. Selama Ujian Sekolah dan Praktekmu serta Sikap dan Perilakumu bagus, kenapa harus takut tidak lulus
  4. FYI, soal UN ternyata lebih gampang loh dibandingkan soal UAS atau Soal Tryout dari beberapa kampus.


Jangan Belajar saat 1 hari sebelum UN




Kok ga boleh belajar? Ya, pergunakan H-1 UN sebagai waktu rileks-mu saat menghadapi soal UN besok. Kalian bisa mempersiapkan fisik dan psikologis agar tidak stress dengan cara nonton TV atau bermain permainan yang membuat fresh otak. 

Sebenarnya kita boleh saja membuka buku, tapi itu hanya untuk me-review saja, bukan untuk belajar ekstra. Jangan buat otakmu terfosir kembali dengan belajar ekstra.


Jaga Fisik dan Kondisi Badanmu

Sumber:
imgur.com
Fisik dan kondisi badanmu ternyata bisa mempengaruhi mentalmu loh! Jika fisik dan kondisi badan lemah, kalian akan menjadi stress sendiri, "nanti UN gimana ya kalo kondisi badan lagi begini, takutnya malah ga bisa jawab soal dengan maksimal"

Jaga kondisi badanmu dengan tidak melakukan aktivitas yang berlebihan dan juga perbanyak makanan yang bergizi agar tubuhmu kuat. Jangan pula hujan-hujan ya sob, terlebih dalam kondisi peralihan musim seperti ini, penyakit mudah hinggap di tubuh kita.


PD Dengan Berbagai Latihan Soal


Dengan banyak berlatih soal-soal UN, maka mental dan rasa percaya dirimu akan terbangun. Kalian akan banyak menemui model-model soal yang sering keluar dalam UN dan tentu punya trik tersendiri dalam menghadapinya.


Sugestikan Bahwa Nilai UN-mu Bisa Lebih Bagus Dibanding Temanmu yang Ikut Bimbel Intensif UN


Ini penting bagi kalian yang merasa down atau tersaingi dengan temanmu yang ikutan bimbel intensif UN. Memang nilai UN mulai dipertimbangkan dalam Seleksi PTN. Tapi kalian ga boleh merasa minder loh.

Coba kalian ikut belajar bersama dengan temanmu yang ikut bimbel khusus, pelajari trik dan cara pengerjaannya yang ia dapat dari bimbel, lalu kalian kembangkan caranya. Kalian juga harus punya sugesti dalam diri kalian, bahwa saya juga bisa nilai UN tinggi walau tidak ikut bimbel intensif


Banyak Berdoa dan Bertawakal Pada Tuhan



Doa sangatlah penting dalam setiap urusan kita, termasuk dalam menghadapi UN. Tanpa ke-Ridhoan-NYA tentu kita takkan bisa menghadapi UN dengan lancar. Perbanyaklah Doa dan bertawakkal pada Tuhan dengan sungguh-sungguh.

Oya ternyata dengan berdoa dan bertawakkal juga bisa meringankan beban yang ada di pikiran kita loh dan juga bisa membuat pikiran kita fresh karena kita menyerahkan urusan kita atas keridhoan-NYA.


Keywords:
  1. Tips Sukses Ujian Nasional
  2. Cara Mudah Menghadapi Ujian Nasional
  3. Soal yang Sering Keluar di Ujian Nasional
  4. Tips Mudah Lulus Ujian Nasional
  5. Cara Mudah Masuk PTN dengan UN
  6. Ujian Nasional SMA/SMK 2016
  7. Soal Bocoran UN 2016
  8. Sistematika UN dipakai dalam Seleksi PTN
  9. Nilai UN untuk Penilaian SBMPTN 2016
  10. Cara Mudah Mendapatkan Nilai UN Tinggi
  11. Tips Mengerjakan Soal UN 2016
  12. Tips Mental dan Psikologis untuk Ujian Nasional 2016
  13. Doa agar Lancar Ujian Nasional
  14. Ujian Nasional itu Gampang
  15. Kisi-Kisi Soal Ujian Nasional 2016

Related Posts

Posted by: Admin MFE Mahasiswa Fakultas Ekonomi, Updated at: 9:04 PM
7 TIPS MENTAL MENGHADAPI UJIAN NASIONAL
4/ 5
Oleh

Berlanggangan via email

Mau dapet Updatean artikel MFE? Ayoo masukkan emailmu disini.