Friday, January 8, 2016

BAGAIMANA CARA MENGECEK DATA MAHASISWA AKTIF DAN NIM DI DIKTI

BlogMFE-BAGAIMANA CARA MENGECEK DATA MAHASISWA AKTIF DAN NIM DI DIKTI-Bagi kamu yang baru menjadi mahasiswa, ada beberapa hal yang mungkin membuat kamu takjub dan mungkin juga membuat kamu bingung. Ya.. kehidupan dunia perkuliahan memang sangatlah berbeda dengan dunia sekolah, disini kamu harus bersiap untuk mandiri dalam studimu. Selain itu kamu juga harus tahu apa saja yang akan kamu dapatkan selama dunia perkuliahan, salah satunya ialah Data Mahasiswa kamu.

Apa itu Data Mahasiswa? Data Mahasiswa merupakan data yang amat penting bagi mahasiswa karena berkaitan dengan perkuliahan selama di Perguruan Tinggi. Data ini dapat menyatakan bahwa kamu benar-benar berkuliah di perguruan tinggi tersebut. Data Mahasiswa ini akan dikumpulkan dan didaftarkan secara nasional pada PDPT (Pangkalan Data Perguruan Tinggi) DIKTI.

For Your Information nih, PDPT merupakan pangkalan data yang memuat informasi kemahasiswaan dari perguruan tinggi yang terdaftar di seluruh Indonesia. PDPT ini dulu bernama EPSBED (Evaluasi Program Studi Berdasar Elektronik Data). Data Mahasiswa yang sudah ada di website PDPT DIKTI ini dapat menandakan bahwa mahasiswa tersebut secara sah diakui dan bukan "Mahasiswa Bodong", kalo kamu bagaimana?

Apa saja sih isi Data Mahasiswa di Website PDPT DIKTI? Data Mahasiswa di Website DIKTI berisi mengenai informasi Profil Mahasiswa dan informasi lain yang berkaitan dengan perkuliahan seperti Riwayat Status Kuliah dan Riwayat Studi.

Pada Profil Mahasiswa, ada beberapa informasi yang ditampilkan yakni seperti berikut:
  1. Nama Mahasiswa
  2. Jenis Kelamin Mahasiswa
  3. Perguruan Tinggi yang Bersangkutan Berkuliah
  4. Program Studi yang Ditempuh
  5. Nomor Induk Mahasiswa (NIM)
  6. Semester Awal Perkuliahan
  7. Status Awal Mahasiswa
  8. Status Mahasiswa Saat Ini

Pada informasi Status Kuliah menerangkan status keaktifan perkuliahan mahasiswa mulai dari awal perkuliahan hingga semester saat ini. Pada informasi ini juga menerangkan pula mengenai berapa SKS yang ditempuh oleh mahasiswa selama perkuliahnnya.

Pada informasi Riwayat Studi sebenarnya hanya menjabarkan informasi Status Kuliah saja, yakni mengenai mata kuliah apa saja dan beban sks yang sudah ditempuh oleh mahasiswa selama perkuliahannya. 

Mengapa kita harus mengecek Data Mahasiswa di PDPT DIKTI? Hal ini tentu sangat berkaitan bahwa kita benar-benar diakui oleh DIKTI sebagai Mahasiswa yang sah dan dari perguruan tinggi yang sah pula. Hal ini juga dapat menepis anggapan bahwa kita bukan sebagai "Mahasiswa Bodong".

Sebenarnya untuk apa sih PDPT DIKTI itu? PDPT DIKTI banyak digunakan oleh berbagai kalangan dalam hal menilai seorang mahasiswa secara akademisnya. Sebagai contoh di dunia kerja, HRD akan melihat track record seorang mahasiswa selama perkuliahnnya dari Website PDPT ini, selain itu HRD akan menilai status mahasiswa ini apakah berkuliah aktif atau tidak.

BAGAIMANA CARA MENGECEK DATA MAHASISWA DI WEBSITE DIKTI

Berikut ini merupakan paling termudah dalam mencek Data Mahasiwa di Website DIKTI:

Pertama-tama, kita buka dahulu WEBSITE FORLAP PDPT DIKTI di http://forlap.dikti.go.id/mahasiswa atau klik DISINI

Langkah Kedua, Isi kolom Pencarian Data Mahasiswa yang terdiri Perguruan Tinggi, Program Studi, Kata Kunci, Pengaman. Hati-hati dalam mengisi kolom Perguran Tinggi jangan sampai salah kode Perguruan Tinggi ya. Pada kolom Kata Kunci isi Nama kamu atau NIM kamu dan pada kolom Pengaman isi huruf sama seperti yang ada di kotak, klik CARI MAHASISWA



Langkah Ketiga, Sampai disini kamu dapat mengetahui Informasi singkat kamu sebagai mahasiswa, yang terdiri dari informasi NIM, Nama Mahasiswa, Jenjang, Perguruan Tinggi, Program Studi. 


Langkah Keempat, Jika sobat ingin lebih tahu informasi lengkap mengenai Data Mahasiswa sobat, kamu dapat klik Nama kamu, maka keluarlah informasi lengkap Data Mahasiswa yang terdiri dari Profil Mahasiswa, Status Mahasiswa, dan Riwayat Studi.



Keywords:
  1. Cara Mencari NIM di DIKTI
  2. Cara Cek NIM di PDPT DIKTI
  3. Cara Cek Info Mahasiswa di DIKTI
  4. Cara Mencari Jumlah SKS di DIKTI
  5. Cara Cek Mahasiswa Aktif
  6. Cara Mencegah Mahasiswa Bodong
  7. NIM di PDPT DIKTI
  8. Cara Cek Keaslian Data Mahasiswa
  9. Cara mencari Informasi Data Mahasiswa

Related Posts

Posted by: Admin MFE Mahasiswa Fakultas Ekonomi, Updated at: 1:32 AM
BAGAIMANA CARA MENGECEK DATA MAHASISWA AKTIF DAN NIM DI DIKTI
4/ 5
Oleh

Berlanggangan via email

Mau dapet Updatean artikel MFE? Ayoo masukkan emailmu disini.

36 comments

Tulis comments
avatar
July 11, 2016 at 5:38 PM

saya sydah jalankan tetapi selalu muncul kata chapter tidak sesuai padahal saya sudah ketik dan perhatikan dengan cermat tapi selalu muncul kalimat tersebut

Reply
avatar
July 20, 2016 at 1:07 AM

hmm.. mungkin jaringan internet kamu sedikit lambat atau pada saat kamu membuka web DIKTI banyak yg membuka juga
terus coba aja ya lain kali :)

Reply
avatar
September 3, 2016 at 5:09 PM

Saya sudah coba tapi selalu tampil chapternya tidak sesuai.mohon konfirmasinya

Reply
avatar
September 3, 2016 at 5:38 PM

Itu mungkin dari jaringannya yg lagi error, atau masalah browsernya sob :)

Reply
avatar
September 4, 2016 at 11:57 PM

saya udah cobak bukak lagi.. udah bisa masuk ke hasil pencarian mahasiswa tapi informasinya kosong kenapa ya... padahal jaringannya bagus. mohon komfirmaainya

Reply
avatar
September 8, 2016 at 8:26 PM

kamu sudah cek punya temanmu?
kemungkinannya mungkin kampus kamu belum upload (jika kamu maba) atau juga masalah di browser yg kurang support
biasanya seperti itu sering terjadi

untuk lebih jelasnya mungkin kamu tanyakan ke kampusmu
ke bagian BAA kampus kamu :)

Reply
avatar
September 16, 2016 at 9:53 AM

Saya mau masuk tapi sll salah kata kunci coba informasi nya

Reply
avatar
September 18, 2016 at 1:44 AM

masalah kamu banyak dialami seperti teman-teman diatas
mungkin dr server sana yg belum stabil
atau juga karena masalah diatas sob :)

Reply
avatar
September 21, 2016 at 11:15 PM

Saya sudah mencoba masuk di profil Mahasiswa, tpi tiap ketik kata kunci PT dg : UPN Veteran jakarta yg keluar kok kode Akademi Keperwatan & Fisioterapi ya,. ? Padahal saya dari Fakultas Hukum UPN Veteran Jakarta,. Terima kasih Min,.

Reply
avatar
October 28, 2016 at 1:21 AM

Mungkin bisa ditanyakan saja ke BAA di kampusmu sob
mungkin ada kesalahan input data di PDPT
makasih :)

Reply
avatar
November 11, 2016 at 7:03 PM

Mohon informasinya kalau ada kesalahan data gimana solusinya apakah lapor ke kampus atau bisa langsung ke DIKTI? Trims

Reply
avatar
November 11, 2016 at 7:19 PM

Kamu lapor ke BAA di kampusmu sob
Dari BAA nanti bakal diteruskan ke DIKTI

Reply
avatar
November 24, 2016 at 11:33 AM

Kenapa ya riwayat kuliah sama riwayat studi gak muncul padahal saya sdah terdaftar bang

Reply
avatar
November 24, 2016 at 6:01 PM

Saya mau tanya... Saya mhs p.olahraga thn 2009. Apa kah saya masih bisa untuk mengajukan mutasi ke kampus lain....

Reply
avatar
November 27, 2016 at 9:57 PM

Bisa saja asalkan jurusannya sama :)
Karena nanti yg dilihat ialah bagaimana nilai yg sudah kamu peroleh

Tapi saran saya tanyakan pd BAAK kampus asal kamu, karena masalah pindah kampus itu harus ada izin terlebih dahulu dr kampus asal :)

Reply
avatar
November 27, 2016 at 9:58 PM

kamu semester berapa sob? Jika masih semseter awal mungkin belum ada input ke Dikti
Coba tanyakan pada BAA atau Bagian Akademik kampusmu

Reply
avatar
November 29, 2016 at 6:37 PM

saya sudah tidak aktif kuliah lagi sejak tahun 2012 tapi di status mahasiswa saat ini masih aktif apakah berarti saya masih bisa selesain study saya??
apakah itu berarti saya belu DO?

Thanks

Reply
avatar
November 30, 2016 at 9:04 PM

hm.. kadang data mahasiswa di dikti beberapa ada yg belum diupdate sob
saya ada teman juga seperti itu, dia keluar kuliah di tahun 2012, tapi sampai sekarang datanya masih aktif

Coba kamu tanyakan pada bagaian Akademik (BAAK) kampus kamu sob

Reply
avatar
December 16, 2016 at 10:23 AM

Saya baru saja cek riwayat stts kemahasiswaan saya, ternyata mengundurkan diri sob tp sya sllu aktif dlm perkuliahan.. trus uda saya ajukan ke kampus cuma diminta tulis nama dan nim. Trus kata dosen saya selesai UAS cek lgsg ke Kopertisnya klo masuk bayar 125.000, apakah klo qta lgsg ke kopertisnya stts kemahasiswaan kita ud aktif ya??

Reply
avatar
December 16, 2016 at 10:25 AM

Sya cek di forlap stts kemahasiswaan saya mengundurkan diri sdgkan syaa sllu aktif kuliah.. ud saya ajukan ke pihak kampus dan mengasih nama n nim yg diminta tp smpai skrg blm jg ada perubahan. Operator kampus saya lambat kadang gk mw diurusnya. Apakah klo lgsg ke kopertis bisa lgsg diubah yah tuh stts ??

Reply
avatar
January 10, 2017 at 1:37 AM

saya mau tanya mengenai hal ini . saya cek untuk nim saya dan status saya masih aktif, tapi kenapa saya cek punya suami saya datanya kosong ya gak seperti saya ? tolong info nya dong

Reply
avatar
January 10, 2017 at 1:39 AM

saya mau tanya dong. saya cek punya saya terdaftar dan masih aktif di kampus, tp kenapa saya cek punya suami saya kok gak gak keluar nama dan keterangan bla bla nya ya ? tolong infonya dong

Reply
avatar
January 10, 2017 at 2:25 AM

Apa suami mbak mahasiswa baru (baru mau naik semester II)?
Jika ia mungkin dr kampus belum input data ke DIKTI

Jika bukan (semester II keatas) mungkin bisa ditanyain ke pihak kampusnya mbak
Ada kendala di pelaporan data ke DIKTI

Semoga membantu

Reply
avatar
March 2, 2017 at 2:37 AM

cara ngeprin data dari porlop DIKTI, gimana ya sob, mohon info

Reply
avatar
March 18, 2017 at 4:17 PM

Kok saya g ad capta nya yh. Malahan.
Di suruh hitungan untuk pengamanan nya.?

Reply
avatar
March 24, 2017 at 11:35 AM

Mau cek balek... N bisa gak yaaa diedit balek datanya.... Cm salah angkatan aja

Reply
avatar
March 24, 2017 at 11:36 AM

Bisa edit lagi gak datanya yg sudah terkirim... Cm salah tahun angkatan aja

Reply
avatar
March 25, 2017 at 6:25 AM

bisa direvisi mbak via pengajuan revisi data PDPT
coba tanyakan lg mbak ke pihak BAAK, nanti pasti dikasih form nya

Reply
avatar
April 4, 2017 at 11:41 AM

Saya sudah coba buka tp ko yg keluar nama orang lain kenapa ya. Padahala ijazah dan teanskip nilai asli. Padahala saya benar kuliah disana sampai selesai skripsi. Saya mesti kemana ya apa harus ke kopertis langsung. Krn saya sudah ke sekertariatnya dikampus alasannya data yg lama memang acak2an. Saya jd bingung

Reply
avatar
April 12, 2017 at 7:55 PM

saya sudah cek NIM saya di forlab dikti namun tidak ada hasilnya, yang ada selalu diminta untuk mengisi data seperti semula. hal ini pun terjadi pada teman-teman saya. saya angkatan 2014

Reply
avatar
May 14, 2017 at 11:48 PM

Kenapa saya tdk terdaftar yah??
Padahalkan sudah selesai waktu 2013??

Reply
avatar
May 16, 2017 at 11:06 AM

Saya mau buka tapi g bisa. Dan disuruh ngisi username sama password. Itu gmana ya?

Reply
avatar
May 20, 2017 at 5:44 PM

Mau tanya dong. Saya mhasiswa dari bahasa Indonesia. Tapi datanya ada di Jurusan bahasa inggris. Gmana caramenggantinya yah? Makasih

Reply
avatar
September 24, 2017 at 7:36 PM

Data yang ada di Web Dikti tidak akurat. Perlu kiranya di update ulang pak.
Alasannya ada beberapa mahasiswa yang faktanya tidak lagi menjadi mahasiswa masih terdaftar AKTIF menjadi mahasiswa.
Mohon web dikti nya lebih di update lagi pak, Terimakasih...

Reply
avatar
January 26, 2018 at 4:18 AM

Saya sudah wisuda, tapi status saya ko masih aktif??
Mohon penjelasan nya?

Reply